KPU Bakal Gelar Debat Pilkada 50 Kota, Ini Pesan Forwanaliko

Limapuluh Kota, Presindo — Sejumlah pengurus Forum Walinagari Limapuluh Kota (Forwanaliko) mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (21/10/2024) pagi, kedatangan Forwanaliko yang dipimpin Ketua Formatur, Idris itu untuk menyampaikan sejumlah hal jelang digelarnya debat pada 3 dan 10 November mendatang.

Kepada anggota/Komisioner KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Roziwan, Forwanaliko menyampaikan sejumlah hal, diantaranya meminta KPU untuk melibatkan mereka dalam menyusun materi yang akan diajukan Panelis dalam debat nanti, memfasilitasi untuk bertemu dengan empat Pasangan Calon (PASLON) Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota untuk menggali potensi dalam berbagai hal serta perwakilan Walinagari bisa hadir dalam acara debat nanti.

Hal itu dilakukan agar nantinya potensi yang dimiliki Paslon bisa dikenali oleh masyarakat termasuk Walinagari, termasuk untuk meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota.

” Iya, kita (Forwanaliko) tadi pagi mendatangi KPU Kabupaten Limapuluh Kota untuk menyampaikan sejumlah hal, diantaranya untuk melibatkan Forwanaliko ataupun perwakilan Walinagari bisa hadir dalam acara Debat, usulan-usulan dari Kami bisa masuk dalam materi yang disusun oleh Panelis, serta meminta KPU untuk memfasilitasi kami bertemu dengan empat Pasangan Calon (PASLON) Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota untuk menggali potensi dalam berbagai hal,” ucap Idris, Senin (21/10) siang.

Lebih jauh Walinagari Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban (LASAHAN) itu menyebutkan bahwa apa yang disampaikan itu agar nantinya persoalan-persoalan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota bisa dipahami oleh PASLON Bupati-Wakil Bupati, dan program kedepannya bisa sejalan dengan program Nagari.

” Dengan pelibatan Forwanaliko atau perwakilan Walinagari dalam Debat nanti ataupun masuknya pertanyaan dari Forwanaliko dan Walinagari kepada PASLON melalui panelis tentu kita harapkan nantinya berbagai persoalan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota bisa diketahui oleh PASLON kepala daerah terpilih.” Tutup Idris diamini sejumlah pengurus Forwanaliko

Sementara Komisioner/anggota KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Roziwan menyebutkan bahwa terkait permintaan Forwanaliko tersebut akan dibahas bersama sejumlah anggota KPU lainnya.

” Tadi ada beberapa point yang disampaikan Forwanaliko, yang pertama meminta pertemuan khusus dengan 4 PASLON Bupati-Wakil Limapuluh Kota diluar agenda debat, kemudian Forwanaliko meminta hadir saat kegiatan Debat dan FGD dengan Panelis sehingga pertanyaan dari Walinagari/Forwanaliko bisa sampai kepada PASLON. Usulan ini tentu akan kami bicarakan bersama Komisioner lainnya,” ucapnya. (Ady)