Relawan Pak’Sa dan 18 ODGJ Dijamu Anggota DPRD Provinsi Jambi Elpisina

Jambi, Presindo – Tim relawan Palanta Aksi Kemanusiaan dan Sosial (Pak’Sa) yang sedang menjalankan misi sosial ‘memanusiakan manusia’ dengan membawa pulang sebanyak 18 Orang Dengan Gangguan Kejiwaan (ODGJ) asal Kabupaten Limapuluh Kota yang sudah selesai menjalani rehabilitasi dan terapi di LKS Aulia Rahma Lampung.

Proses penjemputan dilaksanakan tim relawan Pak’Sa sejak, Kamis 25 Mei 2023 dan sampai di titik penjemputan yakni LKS Aulia Rahma Lampung pada, Sabtu 27 Mei 2023 sekira pukul 02.00 Wib dinihari. Selain melakukan penjemputan 18 ODGJ yang sudah dinyatakan sembuh, relwan Pak’Sa juga membawa 10 ODGJ asal Limapuluh Kota untuk menjalani rehabilitasi di tempat yang sama.

Dalam perjalanan pulang dari Lampung menuju Limapuluh Kota, tepatnya sesampainya di Provinsi Jambi, Minggu (28/5/2023) salah seorang anggota DPRD Provinsi Jambi, Elpisina, S.Sos, M.Si menghubungi koordinator Pak’Sa Ferizal Ridwan, S.Sos. Dalam percakapan antara keduanya tersebut terdengar, bahwa Elpisina berkeinginan menjamu relawan Pak’Sa dan 18 sohib ODGJ makan siang bersama di Kantor DPC PKB Kabupaten Batanghari.

Ferizal Ridwan yang akrab dipanggil Buya Feri menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Elpisina. Ia menyebut, Elpisina merupakan salah seorang politikus yang peduli terhadap aksi-aksi sosial ditengah-tengah masyarakat, termasuk memberikan support baik moril maupun materil kepada tim relawan Pak’Sa.

“Bapak Elpisina sering membantu kita, bahkan sejak 2016. Termasuk sewaktu menjemput jasad Ibrahim Datuk Tan Malaka. Waktu itu, kita yang berjumlah 184 orang dijamu dirumah beliau,” sebut Buya Feri.

“Dan beliau ini merupakan teman kita juga. Tepatnya teman sewaktu masa-masa kuliah di Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Payakumbuh,” tambahnya.

Ia juga menyebut, bahwa Pak’Sa yang aktif melaksanakan aksi-aksi sosial selama beberapa bulan terakhir memprogramkan aksi ‘memanusiakan manusia’. Dimana katanya, setiap tiga bulan sekali relawan Pak’Sa mengantarkan Orang Dengan Gangguan Kejiwaan (ODGJ) ke LKS Aulia Rahma Lampung.

“Sampai sekarang, sudah 45 orang kita fasilitasi untuk menjalani rehabilitasi di LKS Aulia Rahma Lampung. Alhamdulillah warga atau sohib ODGJ yang kita fasilitasi itu sudah banyak yang sehat, bahkan sudah kembali beraktifias di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Elpisina melalui Sofian salah seorang kader PKB Batanghari menyampaikan salam maaf tidak bisa hadir menyambut relawan Pak’Sa karena dalam waktu bersamaan sedang ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada relawan Pak’Sa yang sudah memenuhi ajakannya untuk makan siang di kantor DPC PKB Batanghari.

“Terima kasih sudah memenuhi undangan kami. Semoga nanti selamat sampai kembali di Kabupaten Limapuluh Kota,” katanya.

Ia berharap, aksi-aksi sosial yang dilakukan oleh relawan Pak’Sa semakin intens dilaksanakan di masa-masa yang akan datang. Menurutnya, aksi serupa sangat dibutuhkan ditengah-tengah masyarakat saat ini.

Elpisina saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi. Selain itu, dirinya juga pernah menjabat DPRD Kabupaten Batanghari dua periode dan saat ini maju sebagai Bacaleg DPR RI dari PKB Dapil Jambi.

Sementara, salah seorang pemuda Luak Limopuluah mengapresiasi kegiatan positif dalam rangka memanusiakan manusia yang aktif dilakukan relawan Pak’Sa. Namun, ia menyangkan tidak adanya perhatian dari pemerintah daerah dan DPRD Limapuluh Kota.

“Harusnya, Pemkab Limapuluh Kota dan DPRD Limapuluh Kota ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan seperti ini, karena ini merupakan salah satu program positif dan nyata. Akan tetapi nyatanya tidak seperti itu, bahkan anggota DPRD dari daerah lain yang malah ikut membantu. Ini sangat miris sekali,” ungkapnya. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *