Bentuk Kepedulian, Pj Walikota Payakumbuh Sambangi Warga yang Alami Kebakaran Rumah

Payakumbuh, Presindo – Satu rumah warga Suparno (47) di Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sumatera Barat, ludes terbakar Rabu (7/6) malam, diduga akibat kebocoran gas dari selang regulator tabung elpiji.

Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh yang datang ke Lokasi kejadian langsung memadamkan api yang terus membesar itu, sekitar satu setengah jam api berhasil dipadamkan dan beruntung tidak membakar seluruh rumah dan rumah lainnya.

” Iya, rumah seorang pedagang Bakso terbakar pada Rabu sekitar pukul 19.00 Wib beruntung tidak ada korban jiwa, saat kejadian pemilik rumah tengah pergi melaksanakan Ibadah Sholat. Sekitar satu setengah jam akhirnya api yang membesar berhasil kita padamkan ” sebut Plh. Kasat Pol-PP Payakumbuh, Dewi Novita, Kabid Damkar, Budi Kurniawan, Kamis siang 8 Juni 2023.

Pasca kejadian, pada Kamis siang 8 Juni 2023 PJ. Walikota Payakumbuh Rida Ananda didampingi Plh. Kasat Pol-PP Payakumbuh, Dewi Novita, Kabid Damkar, Budi Kurniawan dan Kalaksa BPBD, Erizon mendatangi rumah Suparno untuk menyerahkan bantuan tanggap darurat dan melihat kondisi Suparno dan keluarga.

Menurut Rida Ananda, kasus kebakaran di Kota Payakumbuh terbilang tinggi, sejak Januari hingga Juni ini telah terjadi sekitar 15 kebakaran di berbagai Kecamatan di Kota Payakumbuh.

” Untuk kasus kebakaran di Kota Payakumbuh terbilang tinggi, hingga saat ini dari Januari telah terjadi 15 kasus kebakaran. Sementara tahun lalu jumlahnya mencapai 70 peristiwa/kasus kebakaran,” ucap Rida Ananda.

PJ Walikota Payakumbuh itu juga menyebutkan, kebakaran yang terjadi didominasi akibat kelalaian dari pemilik/penghuni rumah, untuk itu kedepannya masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati dan waspada saat meninggalkan rumah.

” Masyarakat kedepannya harus lebih berhati-hati terhadap kondisi yang menyebabkan kebakaran, seperti kompor, listrik dan sambungan/instalasi yang menyebabkan kebakaran, apalagi cuaca panas saat ini juga memicu terjadinya kebakaran.

Sementara terkait rumah Suparno yang tidak lagi bisa dihuni, Rida Ananda menyebutkan akan memperjuangkan untuk bisa di perbaiki, bahkan Rida memangil pegawai Dinas Sosial untuk melihat kondisi rumah Suparno sehingga nantinya bisa dihuni lagi. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *