Jelang Pemilu Serentak 2024, KPU Limapuluh Kota Gelar FGD Penyiapan & Perhitungan Suara

Payakumbuh, Presindo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota melaksanakan kegiatan Fokus Grup Discusion (FGD) penyiapan dan perhitungan suara dalam pemilihan umum serentak tahun 2024 di Sabtu (24/6/2023) pada kegiatan Fokus Group Discussion di aula hotel Kolivera III.

Memaksimalkan setiap tahapan Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) terus mengajak partisipasi dari berbagai unsur agar pelaksanaan Pemilu berjalan dengan lancar dan aman. Termasuk terkait Pemungutan dan Penghitungan Suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kegiatan ini kita gelar untuk menerima masukkan dari berbagai pihak terkait pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu 2024, agar Pemilu yang dilaksanakan 14 Februari 2024 nanti berjapan lebih baik,” sebut Ketua Divisi (Kadiv) Teknis Penyelenggaraan KPU Limapuluh Kota Zumaira didampingi Kadiv Teknis Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Patisipasi Masyarakat dan SDM Roziwan, Kadiv Perencanaan Data dan Informasi Wendi Ahmad Wahyudi serta Kadiv Hukum dan Pengawasan Syafrizal, Sabtu (24/6) pada kegiatan Fokus Group Discussion di aula hotel Kolivera III.

Dikatakanya, kegiatan FGD Penyiapan Rumusan Kebijakan Pemungutan dan Perhitungan Suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 itu dalam rangka meminta masukkan dari berbagai pihak terkait proses pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu. Selain itu katanya, kegiatan tersebut juga bagian dari kegiatan sosialisasi KPU Limapuluh Kota kepada masyarakat.

“Dengan FGD ini tentu kita harapkan akan melahirkan masukkan untuk perbaikan dalam pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu serentak 2024,” ungkapnya.

Ia menyebut, kegiatan tersebut dilakukan sesuai Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Surat Surat KPU RI tentang pelaksanaan FGD Penyiapan Rumusan Kebijakan Pemungutan dan Pemungutan Suara Dalam Pemilu Serentak 2024 yang diikuti Partai Politik, BAWASLU, Tokoh Masyarakat, Kepolisian, wartawan dan berbagai unsur lainnya.

FGD tersebut juga bertujuan agar peserta mengetahui gambaran umum perbandingan kebijakan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019 dan 2024, membahasa isu strategis serta melahirkan output berupa rekomendasi kebijakan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024 yang lebih efektif dan efesien.

Pada kesempatan itu tampil sebagai narasumber Syaiful Anwar, yang juga mantan komisioner KPU Limapuluh Kota.

Hadir pada kesempatan tersebut Bawaslu Limapuluh Kota, perwakilan Polres 50 Kota, perwakilan Polres Payakumbuh, Ketua Pemuda Tarbiyah Limapuluh Kota, Ketua HMI Limapuluh Kota, GP Ansor, PMII, Surau Demokrasi, Presiden Mahasiswa Politani Payakumbuh, tokoh Masyarakat dan wartawan.

Selain itu, juga hadir perwakilan Partai Politik peserta Pemilu diantaranya PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, Partai Buruh, PKS, Hanura, Garuda, PAN, PBB, Partai Demokrat, PSI dan Perindo. (Ady Parker)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *