Kampung Ini Punya CCTV, Terpasang di Beberapa titik Rawan

Limapuluh Kota, Presindo -Jorong Pakanrabaa, Nagari Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, menjadi perkampungan dengan CCTV terbanyak di Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Kini, Pakanrabaa memiliki sebanyak 8 CCTV yang tersebar di tiap penjuru wilayahnya dan bermanfaat menjaga keamanan lingkungan

Kamera pemantau tersebut berasal dari bantuan Pemuda Pakanrabaa yang bersatu dalam wadah Pemuda Pakanrabaa Peduli Kampuang.

Ketua Pemuda Pakanrabaa, Parlan menyebut, bahwa bantuan tersebut swadaya masyarakat sebagai wujud kepedulian terhadap keamanan kampung halaman.

“CCTV terpasang di tiang-tiang listrik, fasilitas umum maupun rumah warga,” katanya, Senin 26 Juni 2023.

Beberapa kamera tersebut katanya, telah mulai beroperasi sejak beberapa hari yang lalu dan itu hasil dari insiatif Pemuda dan tokoh Pakanrabaa yang didukung oleh warga setempat.

Awalnya, kata dia, kamera pengawas sengaja dipasang untuk memantau dan mengawasi tempat parkir dan supaya pengunjung pasar juga merasa nyaman dan aman.

Pihak Nagari Batu Payuang merespon baik pemasangan kamera pengawas tersebut, dan menyebut Pakanrabaa merupakan wilayah yang memiliki kamera pemantau terbanyak untuk tingkat jorong. Guna memantau dan merekam aktivitas di area yang berisiko terhadap keselamatan publik seperti persimpangan, tempat parkir dan transportasi umum.

“ Iyaa (kamera cctv terbanyak di Lasahan),” kata Walinagari Batu Payung Al Aswandi. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *