Limapuluh Kota Kembali Dapat Kuota ASN 2023, Tersedia Formasi 350 CASN

Limapuluh Kota, presindo.com — Kabupaten Limapuluh Kota kembali memperoleh alokasi pengangkatan sebanyak 350 Calon Aparatur Sipil Negera (CASN) pada tahun 2023. CASN itu diarahkan untuk penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan formasi tenaga guru sebanyak 335 formasi dan kesehatan sejumlah 15 formasi. Hal itu dipastikan ketika Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo didampingi Sekretaris Daerah Widya Putra dan Kepala BKPSDM mengikuti rapat koordinasi bersama Kabupaten/Kota lainnya se Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis, (03/08/2023).

Hal ini tentu jadi angin segar bagi tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota terutama di sektor guru dan tenaga kesehatan. Formasi CASN diproyeksikan akan menyerap pegawai honorer di instansi pemerintah daerah.

“Alhamdullilah, upaya pemerintah daerah untuk memperjuangkan tenaga honorer perlahan terjawab, kita berterima kasih kepada pemerintah, tahun ini daerah kita memperoleh formasi PPPK sebanyak 350 orang, terdiri atas tenaga guru dan kesehatan,” kata Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.Lebih lanjut, Bupati Safaruddin berharap dengan pengadaan yang telah disetujui oleh Kementerian PAN RB tersebut dapat memenuhi kebutuhan ASN di Limapuluh Kota terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, dengan perubahan status pegawai honorer menjadi ASN-PPPK, khususnya tenaga guru dan tenaga kesehatan harus berimbas kepada peningkatan pelayanan dasar di Kabupaten Limapuluh Kota. “Kita bersukur dengan peluang ini, pengabdian tenaga honorer yang sudah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun, akhirnya dapat terakomodir dengan proses pengadaan PPPK kali ini, untuk itu kita minta tenaga honorer mempersiapkan diri,” pesan Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Adrian Wahyudi mengatakan pihaknya diinstruksikan Bupati Safaruddin untuk mempelajari dan mempersiapkan secara seksama proses pengadaan CASN Formasi Tahun 2023. “Setelah petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis Kemenpan-RB kita terima, dengan arahan Bupati sesegeranya kita akan lakukan langkah-langkah persiapan,” ujar Adrian Wahyudi kepada Tim Kominfo. Di sisi lain Adrian Wahyudi mengutip sambutan Menpan-RB Azwar Anas mengatakan pemerintah melalui Kementerian PANRB telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi aparatur sipil negara (ASN) nasional 2023 (data per 1 Agustus 2023). Jumlah tersebut untuk formasi 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah 493.634 ASN. “Alokasi formasi CASN untuk pemerintah pusat terinci sebanyak 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK. Adapun di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis,” ucap Adrian Wahyudi mengutip sambutan Menteri.(crp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *