Tak Kunjung Dapat Perhatian, Masyarakat Pakan Rabaa Bangun Pembatas Jalan Secara Swadaya

Limapuluh Kota, Presindo – Tak kunjung mendapat perhatian, puluhan warga Jorong Pakan Rabaa, Nagari Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota melaksanakan kegiatan gotong royong membangun pagar pembatas jalan yang berada diwilayah jorong tersebut, pada Jumat (18/8/2023).

Menurut Wali Jorong Pakan Rabaa, Ari pembangunan pembatas jalan secara swadaya oleh masyarakat tersebut memang sudah direncanakan sebelumnya, mengingat kondisi jalan yang belum dibangun pembatas sudah sangat membahayakan pengguna jalan, terutama bila berkendara di malam hari.

“Lebih kurang sudah 5 tahun tidak ada pembatas atau penghalangnya. Dulu ada loneng sekarang loneng tersebut sudah tidak ada lagi. Maka dari itu masyarakat sepakat membangun pembatas dari bahan kayu secara swadaya,” kata Ari.

Agar tidak memakan korban kata Ari, masyarakat sudah sangat berharap jalan sepanjang lebih kurang 8 meter itu dibangun pagar pembatas. Mengingat dibagian titik ruas jalan tersebut dikedua sisi tepinya menganga jurang sedalam lebih kurang 6 meter.

“Harapan dari masyarakat jelas, agar jalan tersebut dibangun pembatas permanen agar tidak ada nanti korban jatuh,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda setempat Parlan menyebut, bahwa terdapat dua titik jalan yang belum ada pembatasnya. Pertama berada di simpang Batu gadang dan disamping kantor BPR Sago

“Iya ada dua titik yang belum ada pagar pembatas. Kami masyarakat berharap ada tindak lanjut dari pemerintah terhadap kondisi ini. Agar tidak ada lagi korban, karena beberapa bulan yang lalu mobil ambulance membawa jenazah dari arah Pekanbaru pernah terperosok,” ungkapnya.

Selain itu katanya, kegiatan gotong royong yang dilaksanakan oleh puluhan masyarakat tersebut selain untuk mencegah adanya kroban pengendara yang lalu lalang dititik tersebut juga guna mengantisipasi kegiatan pawai yang digelar, Sabtu (19/8/2023) dan bakal melewati titik jalan yang tidak ada pagar pembatas itu.

“Gotong royong dilaksanakan sejak pukul 15.00 Wib sampai pukul 18.00 Wib. Besok rencananya arak-arakan pawai dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78 bakal melewati jalan ini. Jadi sekaligus mengantisipasi hal tersebut,” pungkasnya. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *