Putra Luak 50, Herman Darnel Ibrahim Caleg PKB Berpeluang Rebut Kursi DPR RI

Limapuluh Kota, Presindo – Sejumlah tokoh masyarakat Luak Limopuluh (Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh,red) berpendapat, dari beberapa figur putra-putri Luak Limopuluah yang maju sebagai calon anggota DPR RI pada Pileg 2024, diprediksi DR.Ir. Herman Darnel Ibrahim M.SC dinilai paling berpeluang lolos ke Senayan.

Menurut seorang tokoh masyarakat Luak Limopuluah, Akmul DS. S.Pdi, Dt. Rajo Bagindo, prediksi besarnya peluang Herman Darnel Ibrahim lolos ke Senayan itu, tentunya bukan tanpa alasan.

Pasalnya, ulas Ketua Umum DMI Kabupaten Limapuluh Kota dan Wakil Ketua MUI Kabupaten Limapuluh Kota ini, keinginan masyarakat Luak Limopuluah begitu besar untuk mengantarkan putra daerahnya melaju ke Senayan.

” Dari nama-nama caleg Dapil Sumbar 2 yang muncul, satu-satunya putera daerah Luak Limopuluh yang ketokohannya dianggap pantas diperjuangkan lolos ke Senayan adalah Herman Darnel Ibrahim Caleg nomor urut 1 Dapil.Sumbar 2 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), ” ulas Akmul DS. S.Pdi, Dt. Rajo Bagindo.

Ditekankan Ketua FKUB Kabupaten Limapuluh Kota dan WakilFK. PM Kabupaten Limaouluh Kota itu,  Herman Darnel Ibrahim putra Talang Maur, Kecamatan Mungka, Kabupaten LimapuluhKota itu adalah seorang profesional yang sampai saat ini masih menjabat sebagai Anggota Dewan Energi Nasional RI (DEN), sebuah badan yang bekerja merancang kebijakan energi nasional di bawah Presiden.

Tak hanya itu, ulas Akmul DS. S.Pdi, Dt. Rajo Bagindo, Herman Darnel Ibrahim yang akrab dipanggil ‘HDI’ itu,  juga pernah menjabat Direktur PLN dan anggota DPD-MPR RI Penganti Antar Waktu (PAW).

“Jika dilihat dari semua putra daerah Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh yang maju sebagai caleg DPR-RI untuk Daerah Pemilihan Sumbar 2, hanya Herman Darnel Ibrahim yang punya peluang cukup besar lolos ke Senayan,” ulas Akmul DS. S.Pdi, Dt. Rajo Bagindo.

Diakui Akmul DS, sesungguhnya tak perlu kampanye benar, jika warga Luak Limopuluah berkehendak ada putra daerahnya duduk di DPR-RI.

” Soalnya, setelah 5 kali Pemilu belum pernah ada putra asli Luak Limopuluah terpilih langsung di Dapil Sumbar 2”, ujar Akmul DS. S.Pdi, Dt. Rajo Bagindo.

Diakui Akmul DS. S.Pdi, Dt. Rajo Bagindo, peluang besar Herman Darnel Ibrahim  untuk menang dan terpilih menjadi wakil rakyat di DPR RI pada Pileg 2024 didukung dua hal.

“Pertama, Herman Darnel Ibtahim satu-satunya caleg DPR RI putra Luak Limopuluah dengan nomor urut 1 dalam daftar caleg DPR-RI. Ke dua,  pengetahuan dan pengalaman profesionalnya di tingkat pusat sangat cukup untuk membantu pembangunan di daerah,” pungkas Akmul DS. S.Pdi, Dt. Rajo Bagindo.

Komentar yang sama juga disampaikan budayawan dan seniman Sumatera Barat, DR. (HC) Syawaluddin Ayub.

Menurut budayawan dan seniman yang telah berjasa dalam dunia seni itu, beberapa putra daerah Luak Limopuluah yang maju ke DPR RI seperti mantan Walikota Payakumbuh, Riza Palepi meski punya peluang melaju ke Senayan, namun menurut penilaiannya agak berat, karena pesaingnya sesama partai yakni Nevi Zuairina yang nota bene adalah anggota DPR RI incumbent, terlalu tangguh untuk dikalahkan mantan walikota Payakumbuh 2 periode itu.

“ Kondisi yang sama juga dialami Rezka Oktaberia. Meski saat ini Rezka Oktoberia duduk sebagai anggota DPR RI sebagai Penganti Antar Waktu (PAW) pasca Mulyadi mengundurkan diri karena maju sebagai calon Gubernur Sumbar, namun pada Pileg 2024 ini Mulyadi yang maju kembali sebagai calon anggota DPR RI, menjadi lawan tangguh untuk dikalahkan oleh Rezka Oktoberia,” ungkap putra Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh itu.

Dikatakan, DR. (HC) Syawaluddin Ayub, demikian pula halnya terhadap Erizal Chaniago yang maju sebagai caleg DPR RI bersama Partai Gerindra, juga dinilai sangat sulit menggalahkan Rizki Pratama yang begitu kuat di daerah basisnya Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

“Sedangkan Muhammad Rahmad putra Luak Limopuluah yang maju sebagai caleg DPR RI bersama Partai Golkar, diprediksi akan sulit menandingi perolehan suara anggota DPR RI incumbent Jhon Kenedi Aziz dan Benni Utama yang memiliki dukungan cukup kuat dari masyarakat kampung halamannya Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman dan masyarakat Kabupaten Pasaman,” ulas DR. (HC) Syawaluddin Ayub.

Dikatakan DR. (HC) Syawaluddin Ayub, sementara Irfendi Arbi diprediksi berpeluang lolos ke Senayan, namun mantan Bupati Limapuluh Kota 2026-2021 itu, harus bekerja keras untuk dapat melenggang ke DPR RI.

“ Makanya saya memprediksi, dari beberapa putra Luak Limopulah yang maju seagai caleg DPR RI, hanya Herman Darnel Ibrahim yang paling berpeluang lolos ke Senayan, “DR. (HC) Syawaluddin Ayub.

Sementara itu Herman Darnel Ibrahim yang diminta komentarnya terkait besarnya dukungan dan peluang dirinya lolos ke Senayan menyatakan, akan berusaha keras untuk mendapatkan suara rakyat, utamanya suara di daerah basis Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

” Meskipun dukungan masyarakat di Luak Limopuluah cukup besar, namun tentu kita tidak boleh berbesar hati dulu. Yang pasti berjuang bersama rakyat akan terus kita gelorakan,” kata alumni ITB dan Manchester University ini.

Herman Darnel Ibrshim tokoh energi nasional urang awak yang sudah dua  kali terpilih sebagai anggota DEN RI yang langsung diketuai oleh Presiden itu, mengaku ingin menghabiskan waktu dan energinya untuk membangun kampung halamannya.

“Saya orang Luak Limopuluah berkeinginan kuat membangun daerah dari jalur politik,” pungkas Herman Darnel Ibrahim yang tidak pernah berhenti berdo’a sekaligus berharap dukungan dari masyarakat Luak Limopukuah itu. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *