Puasa Mengasah Rasa Kemanusiaan

Oleh : H. Ferizal Ridwan
Koordinator Pak’Sa
Ketua YAYASAN IBRATAMA dan YPP PDRI 1948 – 1949

Kemanusiaan adalah sikap yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sikap ini bertumpu pada nilai-nilai, keyakinan, dan upaya yang menempatkan jatidiri manusia sebagai fokus perhatian yang utama.
Kemanusiaan, dalam dimensi praktisnya adalah tentang sekumpulan tatacara dalam memperlakukan orang lain dengan martabat dan menghargai sesuai fitrahnya.

Ruang lingkup wacana kemanusiaan, adalah tentang nilai-nilai moral dan etika yang mendasari hubungan manusia dengan manusia lainnya.

Kemanusiaan meliputi upaya untuk menciptakan dunia yang lebih baik, yang di dalamnya semua orang diperlakukan dengan adil dan merasa dihargai sesuai dengan harkat dan martabat nya.

Komitmen praktis kemanusiaan sering memerlukan keberanian untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang fundamental, bahkan dalam situasi yang sulit dan kompleks sekalipun

Itu berarti upaya untukmemperlakukan orang lain dengan empati dan kebaikan hati.
Bahkan pula, ketika mereka berbeda paham dan latarbelakang, kita tetap respect dan menghargai nya sepenuh hati.

Dalam gerakan kemanusiaan, kita juga memerlukan kemampuan untuk memperbaiki dan mengatasi kesalahan dan ketidakadilan yang terjadi di dunia. Ini berarti berjuang untuk keadilan sosial, menolak diskriminasi, dan memperjuangkan hak asasi manusia untuk semua orang, tidak peduli latar belakang atau kepercayaan mereka.

Ketika kita mempraktikkan kemanusiaan, kita memperkuat nilai-nilai yang paling mendasar dari keberadaan manusia. Kita membangun masyarakat yang lebih baik, lebih inklusif, dan lebih adil. Kemanusiaan juga membantu kita untuk memperkuat keterikatan sosial yang membantu kita bertahan di masa sulit dan mempromosikan perdamaian dan kerjasama di seluruh dunia.

Ketika kita memperlakukan orang lain dengan citarasa kemanusiaan, kita berarti juga memberikan andil dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi diri kita sendiri dan orang lain di sekitar kita. Upaya menciptakan dunia yang lebih baik dan berkontribusi pada kebahagiaan dan kesejahteraan bersama.

Pada kesimpulannya, kemanusiaan adalah nilai fundamental yang perlu dipraktikkan oleh setiap manusia. Kemanusiaan menempatkan kebaikan dan kesejahteraan orang lain sebagai prioritas utama, dan memperkuat hubungan sosial yang berdasarkan saling pengertian, penghormatan, dan persamaan derajat manusia.

Dalam dunia yang kompleks dan penuh tantangan seperti sekarang ini, nilai-nilai kemanusiaan menjadi semakin penting untuk dipegang dan dipraktikkan oleh setiap orang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *