Jamaah Haji Lima Puluh Kota Tiba Di Mekah untuk Thawaf Ifadhah

Limapuluh Kota, presindo.com — Jamaah Haji Lima Puluh Kota telah menyelesaikan dan mengikuti satu persatu rangkaian mulai dari proses haji, rukun haji, dan wajib haji.

Walau dibawah teriknya sinar matahari mencapai suhu 42 derajat celcius yang menyinari Padang Arafah sejak pagi sampai mata hari terbenam di ufuk Barat, seluruh jema’ah haji Lima Puluh Kota mengikutinya dengan penuh suka cita dan perasaan haru.

Begitupun dengan bermalam di Muzdalifah dan siang nya Rabu, 10 Zulhijjah berkumpul dan bermalam di Mina, para jamaah tampak mengikutinya dengan semangat.

Hal itu disampaikan Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo yang saat ini melaksanakan ibadah haji di Mekah, Arab Saudi kepada media, Selasa (04/07/2023).

Lebih lanjut Bupati Safaruddin mengatakan, berdasarkan informasi ketua rombongan, Irfan Junaidi, Kloter 05 embarkasi Padang terbagi 2 rombongan, dengan rincian Nafar awal (jemaah yang mengambil pilihan untuk keluar dari Mina pada 12 Zulhijah sebelum terbenamnya matahari) sebanyak 288 orang beserta seluruh kursi roda, lansia, jamaah risti, jamaah yang ingin nafar awal dan pendamping yang terdiri dari TPIHI, Dokter TKHK, Paramedis TKHK.

Untuk gelombang Nafar tsani (jemaah yang akan tetap menginap sampai 13 Zulhijah) sejumlah 104 orang bersama TPHI, TKHK, dan PHD.

“Kami bersama Seluruh jamaah Nafar awal saat ini sudah berada di Hotel Mekah untuk Thawaf Ifadhah. Sedangkan Jamaah haji yang melaksanakan Nafar tsani masih di Mina untuk melaksanakan lontar jumrah pada 12 dan 13 Zulhijjah,” ungkap Bupati Safaruddin.

Kemudian disampaikannya, kita patut bersyukur, semua jemaah dalam kondisi sehat walaupun dibawah cuaca panas yang mencapai 42 Celcius, hal itu berkah dan kenikmatan yang luar biasa dari Allah SWT dan tentu kerja sama dari seluruh tim yang terdiri dari Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), dan Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD).

Tidak hanya itu, Bupati Safaruddin juga menjelaskan, lancarnya pelaksanaan ibadah haji ditopang dengan para jema’ah yg selalu mengikuti arahan dan bimbingan dari petugas, hingga tak ada aral yang melintang dan hal hal yang terjadi pada jema’ah lain.

“Saya juga aturkan terima kasih kpd ketua Kloter 5 Padang, Bapak Irfan Junaidi dan ketua rombongan dan regu dari Kloter 5 bil khusus Lima Kota yang selalu bekerja solid dan bahu membahu. Tak ketinggalan, Kami juga berterima kasih juga kepada kepala Kamenag Lima Puluh Kota, H Irwan, MAg yang terus memonitor perkembangan jema’ah haji Lima Puluh Kota dari Sarilamak,” tambahnya.

Bupati Safaruddin juga meminta do’a masyarakat agar jamaah Lima Puluh Kota dan lainnya diberikan kesehatan dalam menyelesaikan rukun haji dan dapat berkumpul kembali dengan keluarga tercinta di rumah masing-masing. (crp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *