Parambahan Lamposi Bakal Barolek Godang, 18 Orang Segera Dilewakan

PAYAKUMBUH, PRESINDO – Telah belasan tahun di Nagori Parambahan Lamposi, Kelurahan Parambahan, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Kota Payakumbuh tidak menggelar acara sakral adat berupa Barolek Batogak Pangulu. Selama itu pula, kondisi kaum dari berbagai pasukuan setempat terus berkembang dan ada juga penyandang gelar adat yang sudah meninggal dunia.

Karena kondisi itu, Nagori Parambahan Lamposi bakal menggelar Barolek Batogak Pangulu dalam waktu dekat ini. Rencananya, barolek godang itu akan digelar dari akhir Agustus ini.

Setidaknya, ada 18 peserta yang akan dilewakan pada Sabtu (26/8) mendatang di Balai Adat Nagori Parambahan. Terdiri dari 17 niniak mamak dan 1 imam nagari.

Ketua Pelaksana Barolek Batogak Pangulu Nagori Parambahan Lamposi Jhon Lisman Datuak Asa Batuah mengatakan, proses untuk olek godang itu sudah dimulai sejak Juni tahun ini.

Yaitu mulai dari rapat-rapat kecil, rapat pembentukan panitia, audiensi dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, pendaftaran pangulu yang akan dilewakan, diklat-diklat terhadap niniak mamak serta bundo kanduang hingga finalisasi untuk barolek godang yang digelar dari 22 hingga 29 Agustus nanti.

“Persiapan untuk Barolek Batogak Pangulu terus dikebut. Antar kaum saling bergotong royong ,” ujar Jhon Lisman Datuak Asa Batuah.

Dalam semarakkan Barolek Batogak Pangulu Nagori Parambahan Lamposi, juga digelar berbagai acara lainnya. Seperti turnamen sepak bola di lapangan bola Gasper Parambahan dari 14 hingga 26 Agustus, lomba praktek ibadah dan lomba pidato adat pada 22 Agustus dan Khatam Alquran pada 23 Agustus.

“Hari Kamis (24/8) sidang adat, Jumat (25/8) membantai kerbau, Sabtu (26/8) pengukuhan, Minggu (27/8) proses adat dan Senin (28/8) bararak kaliliang nagori dan Selasa (29/8) hiburan KIM. Mudah-mudahan prosesi lancar hingga akhir,” ujarnya lagi.

Jhon Lisman Datuak Asa Batuah juga merinci 18 orang yang akan dilewakan itu. Yaitu Ismedi Datuak Tunaro (Caniago), Syafrizal Datuak Damuanso Omeh (Pitopang), April Datuak Damubatanso (Pitopang), Nofriadi Datuak Rajo Damuanso ( Pitopang), Mardison Datuak Paduko Alam (Salo).

Kemudian, Afrison Datuak Andomo (Salo), Doni Saputra Datuak Panduko Nan Putiah (Salo), Syofian Datuak Pado Nan Batuah ( Salo), Tasnir Datuak Pobo Dirajo (Jambak), Nur Isra Datuak Pobo Batungkek Omeh (Jambak), Putra Idaman Datuak Bandaro Ijau (Jambak).

Selanjutnya, Irwanto Datuak Pangulu Rajo (Malayu), Putra Andesta Datuak Paduko Jalelo (Payobada), Novi Indra Datuak Pangulu Bosa (Simabua), Joni Erianto Datuak Bagindo Malano (Simabua), Asrial Datuak Mangkuto (Sikumbang), Hernandi Datuak Bagindo Sati (Sikumbang) dan Renaldo Agustria sebagai imam (Simabua). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *