BPTU-HPT Padang Mengatas Menyiapkan Mininranch untuk menyambut saat Libur Nataru

Limapuluh Kota, Presindo – Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dibuka untuk umum saat libur Natal dan Tahun Baru (Natatu) 2024.

Kepala BPTU-HPT Padang Mengatas, Dani Kusworo melalui Sub. Koordinator Informasi dan Jasa Produks, Multiviza Muslim, Rabu (20/12/2023) mengatakan masyarakat umum yang akan berkunjung ke BPTU-HPT tidak perlu bersurat terlebih dahulu.

“Memasuki libur Nataru dan memasuki momen libur sekolah, kita BPTU-HPT Padang Mengatas tetap buka untuk kunjungan umum,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya memfasilitasi kunjungan untuk masyarakat umum hanya sampai lokasi Mini Ranch. Sedangkan kunjungan edukasi seperti pelaksanaan Bimbingan Tekni (Bimtek), kunjungan kelompok tani dan kunjungan kedinasan tetap di rekomendasikan untuk bersurat terlebih dahulu.

“Jadi, mini ranch yang kita bangun sejak beberapa bulan yang lalu ini khusus untuk menerima kunjungan masyarakat umum. Sebab masyarakat yang ingin berkunjung ke BPTU-HPT Padang Mengatas cukup banyak,” ungkap Multiviza Muslim.

Dikatakan, kunjungan masyarakat ke BPTU-HPT Padang Mengatas cukup tinggi, bahkan setiap harinya mencapai ratusan orang yang berkunjung.

“Tapi masyarakat yang berkunjung wajib mengikuti SOP yang telah ditetapkan atau biosecurity yang telah dimulai dari pintu gerbang,” tutur dia.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat yang akan berkunjung ke BPTU-HPT agar tidak membawa makanan dari luar. Sebab katanya, sampah plastik dari makanan tersebut bisa membahayakan terhadap sapi.

“Kita melarang membawa makanan dari luar, utamanya makanan yang memakai bungkusan plastik. Sebab, sampah plastik sangat berbahaya jika dimakan sapi,” tukuknya.

Ia menyebutkan bahwa saat ini jumlah populasi sapi yang ada di BPTU-HPT Padang Mengatas sebanyak 1200 ekor yang terdiri dari sapi simental, sapi pesisir, sapi limosin dan sapi belgian blue. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *