Pemilu 2024, Bawaslu 50 Kota Imbau Masyarakat Aktif Cegah Politik Uang

Limapuluh Kota, Presindo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi setiap tahapan pemilu serentak 2024 termasuk memberikan laporan terkait indikasi pelanggaran pada masa kampanye yang sedang berlangsung.

Hal itu disampaikan Komisioner Bawaslu Limapuluh Kota Ismet Aljannata, Rabu (24/1) di kantor Bawaslu Limapuluh Kota di Tanjung Pati, Nagari Koto Tuo.

“Kita sangat berharap partipasi masyarakat pada pemilu 2024. Kami sangat meminta kepada masyarakat Limapuluh Kota untuk mau memberikan informasi atau melapor ke Bawaslu jika ada pelanggaran pada tahapan pemilu 2024,” sebut Ismet Aljannata.

Hal itu katanya, agar pelaksanaan pemilu serentak 2024 di Limapuluh Kota berjalan berjalan aman, sukses dan betul-betul berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, pihaknya juga berharap hingga hari pencoblosan yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024 tidak ada lagi pelanggaran unsur pidana pemilu, termasuk mengajak masyarakat agar menolak money politik atau politik uang.

“Kita berharap tidak ada lagi unsur pidana pemilu yang terjadi pada tahapan yang tersisa hingga hari pencoblosan apakah itu menggunakan fasilitas negara ataupun menggunakan politik uang sebagai cara untuk mengambil hati masyarakat,” tuturnya.

Dikatakan Ismet, saat ini pihaknya sedang melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK) yang melanggar diseluruh kecamatan di Limapuluh Kota. Menurut Ismet, terdapat ratusan APK yang terdiri dari spanduk, bilboard, spanduk dan lainnya yang pemasangannya diduga melanggar aturan. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *