DPD PKS Kota Payakumbuh menggelar kegiatan Pasar Rakyat Expo

Payakumbuh, Presindo.com — Di tengah masih lesunya perekonomian masyarakat, Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Payakumbuh menggelar kegiatan Pasar Rakyat Expo, minggu (09/10/2022) di kawasan GOR M. Yamin, Kubu Gadang, Kota Payakumbuh. Kegiatan dibuka oleh Pj. Walikota Payakumbuh Drs. H. Rida Ananda, M.Si dan dihadiri ratusan masyarakat.

Kegiatan Pasar Rakyat PKS Expo ini diisi dengan Bazar Produk UMKM, pelatihan UMKM, lomba kasidah dan lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-kanak (TK) se-Kota Payakumbuh dan lainnya. Masyarakat antusias menghadiri dan mengikuti aneka kegiatan expo ini. Kegiatan juga dihadiri Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Payakumbuh Ade Vionara, S.Sos dan Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Payakumbuh H. Suparman serta lainnya.

Selain dapat mengikuti pelatihan dan lomba, masyarakat juga bisa berbelanja sembako murah dan barang-barang produk UMKM yang langsung dijual oleh UMKM yang memproduksinya. Kegiatan berlangsung dari pagi hingga sore hari.

Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda mengapresiasi kegiatan Pasar Rakyat PKS Expo yang dilaksanakan oleh DPD PKS Kota Payakumbuh. Kegiatan ini penting guna menggeliatkan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat, terutama pada sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kita mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat pelaku UMKM,” kata Rida dalam sambutannya saat membuka kegiatan Pasar Rakyat PKS Expo.

Pj Wako Rida Ananda didampingi Ketua DPRD Kota Payakumbuh H. Hamdi Agus, ST yang juga Ketua DPD PKS Kota Payakumbuh berkesempatan mengunjungi stand-stand UMKM yang berjumlah 33. Rida juga berdialog dengan para pelaku UMKM yang didominasi UMKM kuliner, fashion, kerajinan dan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Pasar Rakyat PKS Expo, Sugiarno, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan langsung UMKM dengan masyarakat konsumen. Dengan demikian, masyarakat bisa memperoleh harga yang lebih murah dan juga dapat melakukan penjajakan kerjasama untuk pembelian dalam kapasitas besar.

Pelaku UMKM yang ikut dalam expo ini mayoritas adalah kader PKS. Namun juga ada beberapa UMKM yang bukan kader turut ambil bagian. Sedangkan yang berbelanja adalah masyarakat umum. Apalagi kawasan GOR A. Yamin setiap hari libur selalu ramai dikunjungi warga untuk berolahraga dan aktifitas lainnya. Kegiatan Pasar Rakyat PKS Expo akan berlanjut ke tingkat kecamatan.

“Selanjutnya kegiatan ini akan berlanjut hingga ke tingkat kecamatan. Ini adalah tingkat Kota Payakumbuh yang dilaksanakan oleh DPD PKS. Selanjutnya masing-masing DPC di tingkat kecamatan yang akan melaksanakannya,” sebut Sugiarno. (rls/intan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *