Pembukaan Diklatsarmil Pemuda Panca Marga (PPM) di Payakumbuh

Payakumbuh, Presindo.com – Ketua DPD Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kolonel TNI (Purn) Amir Syarifuddin mengingatkan agar pemuda Indonesia jangan sekali-kali melupakan sejarah.

“Harapan saya kepada anak-anak muda atau pemuda Indonesia khusunya Kota Payakumbuh ini jangan sekali-sekali melupakan sejarah,” sebut Amir Syarifuddin, Kamis 08 Desember 2022 saat membuka kegiatan Pendidikan Pelatihan Dasar Militer (Diklatsarmil) Pemuda Panca Marga (PPM) Sumbar di Batalyon 131 Braja Sakti.

“Saya mengingatkan juga agar para anak-anak muda untuk memegang teguh Sumpah Pemuda. Ini tonggak persatuan dan kesatuan betul dan pemuda harus pegang itu,” katanya.

Dikatakan bahwa Kota Payakumbuh sangat kental dengan perjuangan. Bahkan katanya, Payakumbuh terkenal dengan sebutan Kota Perjuangan.

“Payakumbuh ini terkenal dengan Kota Perjuangan dari dulu sampai sekarang. Makanya berdiri monumen Bela Negara di Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota itu. Dan Koto Tinggi itu dulunya adalah pusat perjuangan menghadapi belanda. Tanpa PDRI Indonesia tidak merdeka. PDRI itu nyawanya Indonesia ini,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Sumbar, Supardi mengatakan, bahwa dilaksanakannya Diklatsarmil itu guna untuk membangkitkan patriotisme generasi muda di Sumatera Barat.

“Kita ingin membangkitkan kembali jiwa patriotisme generasi muda terutama di PD PPM Sumbar dan saya percaya kegiatan ini akan banyak manfaatnya,” sebut Supardi.

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, bahwa selain untuk menanamkan jiwa patriotisme Diklatsarmil juga akan meningkatkan kesetiakawanan yang saat ini semakin hari semakin luntur.

“Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan PPM yang akan berlangsung selama delapan hari ini bisa kembali menggairahkan genarasi muda dalam Mambangkik Batang Tarandam,” katanya.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua PC PPM Kota Payakumbuh, Hasanuddin, Sekretaris PC PPM Payakumbuh Bakhtaruddin, Ketua DPC LVRI Payakumbuh, Ketua DPC LVRI Limapuluh Kota, Danyon 131 Brajasakti serta tamu undangan lainnya.

Ketua PD PPM Provinsi Sumbar, Wahyu Iramana Putra menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua DPRD Sumbar, Supardi. Menurutnya, kegiatan itu bisa terlaksana berkat politisi Gerindra tersebut.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa terlaksana atas bantuan Bapak Supardi, Ketua DPRD Sumbar yang kebetulan juga merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Daerah PD PPM Sumbar. Beliaulah yang memberikan semangat kepada saya. Adakan pak Wahyu katanya pada saya,” ungkapnya.

Ia menyebut kegiatan ini diikuti oleh 47 orang. Adapun materi pada program Diklatsarmil di Payakumbuh, yakni memperkenalkan wawasan kebangsaan, kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), PBB, bela negara, perjuangan, sejarah LVRI, dan lainnya. (Ady Parker)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *