Puluhan Pelajar Luak 50 Ikuti Lomba MTQ di Surau Babussalam Kuninan

Limapuluh Kota, Presindo -Puluhan peserta dari berbagai tempat di Luhak Limapuluh Limapuluh (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) mengikuti MTQ Tingkat Anak-anak dan Remaja yang digelar di Surau Babussalam Kuninan Nagari Tanjuang Haro Utara Kecamatan Luak Kabupaten Limapuluh Kota, 13 hingga 15 April 2024.

Kegiatan yang digagas Owner Cafe Kuninan, Teti Herawati itu mendapat respon positif dari berbagai pihak, termasuk Camat, Kapolsek maupun orang tua peserta kegiatan. Dengan kegiatan keagamaan yang rutin digelar tiap Ramadhan, Teti yang juga seorang pendidik di Kabupaten Limapuluh Kota itu berharap akan lahir Qori dan Qoriah dari Luak Limopuluah, dan yang terpenting generasi muda tidak melupakan ilmu agama ditengah kemajuan teknologi saat ini. Sebab ilmu agama yang didapat bisa menjadikan mereka (generasi muda) menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik dari tingkah laku maupun perbuatan.

” Iya, Alhamdulillah respon positif dari berbagai pihak terhadap kegiatan MTQ yang kita gelar, selain dari Camat, Kapolsek dan masyarakat, apresiasi juga disampaikan wali murid peserta lomba. Kegiatan ini kita laksanakan untuk terus memotivasi anak-anak dan remaja dalam belajar agama dan melahirkan Qori dan Qoriah dari Luak Limopuluah” sebut Teti Herawati, Sabtu sore 15 April 2023 disela-sela kegiatan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba.

Guru di SDN 02 Andaleh itu juga menambahkan, Kegiatan yang dilaksanakan untuk mengingatkan generasi muda khususnya anak-anak dan remaja tidak melupakan untuk belajar ilmu agama, khususnya membaca dan memahami Al-Qur’an.

” Kegiatan itu juga kita tujukan untuk mengingatkan generasi muda khususnya anak-anak dan remaja tidak melupakan untuk belajar ilmu agama, khususnya membaca dan memahami Al-Qur’an.” Tambahnya.

Sementara Camat Luhak, Ricky Edward yang hadir disaat penyerahan hadiah dan penutupan acara mengapresiasi kegiatan positif yang digelar di Surau Babussalam, ia berharap kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan secara rutin untuk memotivasi anak-anak untuk terus belajar agama.

” Kita apresiasi kegiatan yang digelar ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa memotivasi anak-anak dan remaja untuk terus belajar ilmu agama ” ucapnya.

Sebelumnya, Kapolsek Luhak, AKP. Rika Susanto yang Hadi saat pembukaan kegiatan mengatakan bahwa ditengah maraknya berbagai tindak kejahatannya dan kenakalan remaja di Kabupaten Limapuluh Kota, khususnya di wilayah hukum Polsek Luak, kegiatan yang digagas oleh Teti selalu pelaksana dan juga guru layak diapresiasi dan dicontoh banyak pihak.

Kegiatan itu dinilai sebagai salah satu upaya pencegahan terjadinya berbagai tindak kejahatannya dan kenakalan remaja, sebab sejak dini ditanamkan nilai-nilai positif dengan dekat dengan Al-Quran.

” Kegiatan ini tentu bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kejahatannya dan kenakalan remaja, sebab sejak dini telah ditanamkan nilai-nilai positif dengan dekat dengan Al-Quran,” ucap Rika Susanto.

Karmen (50) warga Sibaladung Kecamatan Luhak yang juga orang tua dari peserta MTQ menyebutkan bahwa ia sangat mendukung digelarnya kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut, sebab bisa menjadikan anak-anak dekat dengan Al-Quran dan mereka menjadi pribadi yang lebih baik karena rajin belajar membaca maupun memahami Al-Qur’an.

” Kita sangat mendukung kegiatan positif yang digelar ini, semoga tahun depan bisa terus dilaksanakan. Dengan kegiatan ini bisa menjadikan anak-anak dekat dengan Al-Quran dan mereka menjadi pribadi yang lebih baik karena rajin belajar membaca maupun memahami Al-Qur’an.” Ucapnya.

Dalam kegiatan itu, pemenang tidak hanya diberi Trofi namun juga diberikan Tabanas. Untuk terus memberikan semangat, mereka yang diberi hadiah tidak hanya juara 1, 2 dan 3 namun hingga 10 besar. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *