Aksi Longmarch Peduli Palestina di Payakumbuh Dibanjiri Ribuan Massa

PAYAKUMBUH, PRESINDO — Ribuan massa turun ke jalan untuk menyuarakan dukungan mereka bagi rakyat Palestina yang tengah menghadapi tragedi kemanusian. Aksi yang dilaksanakan selepas shalat Jum’at (27/10/2023) tersebut dimulai dari titik kumpul Gor M Yamin. Massa bergerak longmarch menuju Jalan A Yani dan berkumpul di Tugu Adipura pusat Kota Payakumbuh.

Koordinator lapangan, Ustadz M Shiddieq Al-Minangkabawy mengatakan, massa yang berkumpul tumpah ruah ke jalanan. Ketika massa sudah sampai di Labuh Basilang, “ekor” nya masih belum bergerak di Gor M Yamin. Ketika massa sampai di Tugu Adipura Kota Payakumbuh, barisan terakhir masih di posisi Labuh Basilang dan di Pasar Ibuh. “Ini membuktikan kecintaan masyarakat kita kepada Palestina,” ujar beliau dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (28/10/2023) di Posko Panitia, Gedung Training Collage Payakumbuh.

Setelah massa berkumpul di Tugu Adipura, dilaksanakan orasi kemanusian dari perwakilan ormas dan alim ulama. Selain MUI Kota Payakumbuh sebagai inisiator acara, tak ketinggalan dari mahasiswa, komunitas, pesantren, dan sekolah-sekolah, juga turut memeriahkan dengan penampilan atraksi. Bahkan kaum “emak-emak” yang tak kalah semangat juga hadir membacakan puisi yang membuat massa berurai air mata.

“Ummahat bergerak! Bisa kita saksikan bagaimana semangatnya kaum ibu-ibu tersebut ketika aksi Peduli Palestina ini. Dengan acara ini menjadikan mereka lebih solid dan kompak, karena bertemu banyak teman yang sefrekwensi,” papar Koordinator Aksi bidang perempuan, Ustadzah Zakiyati Salma.

Selain kegiatan longmarch dan orasi kemanusiaan sebagai syi’ar dakwah kepada masyarakat Kota Payakumbuh, panitia juga menggalang dana yang akan dikirim ke Palestina. Ustadz Shiddieq mengatakan, saat ini panitia masih sibuk donasi yang terkumpul. Rencananya akan disampaikan secara resmi melalui konfrensi pers.

*MUI Payakumbuh Bacakan 5 Poin Deklarasi Tugu Adipura untuk Kemerdekaan Bangsa Palestina*

PAYAKUMBUH– Aksi Longmarch Peduli Palestina yang dilaksanakan selepas shalat Jum’at (27/10/2023) kemarin ditutup dengan pembacaan lima poin pernyataan sikap. MUI Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Buya H Hannan Putra Lc MA diminta membacakan deklarasi tersebut dihadapan ribuan peserta aksi. Deklarasi tersebut sebagai berikut;

Bismillahirrahmanirrahim
Deklarasi Tugu Adipura untuk Kemerdekaan Bangsa Palestina.
Kami atas nama masyarakat Kota Payakumbuh menyatakan sebagai berikut;

1. Kami mengecam segala bentuk tindak kekerasan dan kebiadaban yang dilakukan Zionis Israel kepada warga Palestina. Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh umat Islam dan masyarakat dunia internasional untuk membela Palestina secara terang-terangan. Kami tegaskan, bahwa berbasa-basi untuk menyuarakan kebenaran adalah bentuk kemunafikan!

2. Mendesak dunia internasional, baik negara-negara muslim dan negara-negara Arab, menyatakan sikap secara tegas dan lugas untuk membantu kemerdekaan bangsa Palestina. Kami juga Mendorong negara-negara OKI untuk segera melakukan pertemuan darurat demi membahas langkah-langkah strategis penyelamatan warga Palestina dan lobi-lobi politik untuk kemerdekaan Bangsa Palestina.

3. Kami mendesak Pemerintah RI turut berperan aktif dalam membantu kemerdekaan bangsa Palestina. Sebagaimana diamanahkan dalam konstutusi pembukaan UUD 1945, “Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

4. Kami mengecam pihak-pihak yang menghalang-halangi penyaluran bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina. Kami menyerukan umat Islam untuk berhenti menghujat dan membuat propaganda negatif kepada pejuang Palestina.

5. Kami menyeru seluruh elemen masyarakat khususnya di Kota Payakumbuh untuk membantu Bangsa Palestina, seminimalnya dengan harta, syi’ar dakwah, dan doa.

Demikianlah pernyataan sikap kami ini. Dibacakan pada Hari Jum’at, 27 Oktober 2023. Bertempat di Tugu Adipura Pusat Kota Payakumbuh. Diwaktu paling mustajab. Dan disaksikan oleh ribuan peserta Aksi Peduli Palestina Kota Payakumbuh.

Atas nama perwakilan seluruh ormas, jamaah masjid dan majelis taklim, komunitas, pesantren, mahasiswa, pelajar, alim ulama, cadiak pandai, niniak mamak, bundo kanduang, tokoh adat, tokoh-tokoh masyarakat, dan masyarakat se-Kota Payakumbuh.

Sekretaris Umum MUI Kota Payakumbuh
H. Hannan Putra, Lc, MA
(ditandatangi) (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *