Hamdi Agus Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Mendagri

Payakumbuh | presindo.com — Bersama Pj. Wali Kota Payakumbuh dan Forkopimda, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus mengikuti rapat koordinasi (Rakor) bersama Menteri Dalam Negeri dan beberapa jajaran Menteri lainnya yang berlangsung di gedung Sasana Bhakti Praja lantai III, Kementrian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Senin (30/01/23) pagi.

Mengikuti secara virtual via aplikasi zoom meeting, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus dan Pj. Wako Rida Ananda turut didampingi oleh jajaran kepala OPD teknis yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Payakumbuh.

Rakor yang berlangsung di minggu terakhir bulan Januari 2023 ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengawali sambutannya menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2022 menguat signifikan, dimana proyeksi pertumbuhan di angka 5,3 % ekonomi nasional saat ini.

“Dan untuk pertumbuhan tahunan per komponen pengeluaran, konsumsi menguat signifikan dengan didukung stabilitas harga, keberlanjutan pemulihan ekonomi, serta program perlinsos,” ungkap Tito.

Tito kembali menyampaikan bahwa perkembangan inflasi Indonesia pada Desember 2022 berada di angka 5,51% yty secara tahun ke tahun dan tahun kalender, dan secara bulan ke bulan berada di angka 0,66% mtm.

“Di pulau Sumatra, inflasi Kota Pekanbaru berada pada angka 7,04 persen, Kota Padang 7,38 persen, dan Kota Bukittinggi 7,76 persen,” terang Tito.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus usai berlangsungnya rakor menyampaikan, secara umum ketersediaan bahan pangan dan energi di Kota Payakumbuh relatif aman dan mencukupi.

“Sejauh ini kebutuhan bahan pokok termasuk cabe merah, bawang merah seperti disampaikan Mendagri yang menjadi pemicu inflasi, di Kota Payakumbuh mencukupi,” ujarnya.

“Habis rakor ini kita akan langsung cek harga pangan ke lapangan,” pungkasnya. (Bsk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *