Bupati H. Safaruddin Hadiri Deklarasi Pemilu Damai 2024

Limapuluh Kota, presindo.com — Lima bulan jelang gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Polres Lima Puluh Kota gelar Apel Deklarasi Damai Pemilu 2024 guna antisipasi potensi kerawanan jelang tahapan inti Pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Lima Puluh Kota, Kamis, (31/08/23).

Diselenggarakan di Halaman Kantor Polres Lima Puluh Kota, apel dipimpin oleh Kapolres Lima Puluh Kota, AKBP Ricardo Conrat Yusuf. Deklarasi Pemilu damai tersebut diikuti oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama Forkopimda, Ketua DPRD Deni Asra, Ketua Pengadilan Negeri Adek Nurhadi, Ketua KPU Okto Rizaldi, unsur Ketua Parpol, Kepala Perangkat Daerah, dan sejumlah Ketua Ormas se-Lima Puluh Kota.

Diawali dengan pembacaan ikrar deklarasi damai Pemilu oleh Ketua KPU Lima Puluh Kota, Bupati bersama unsur Forkompimda, Ketua Bawaslu, ketua partai, dan ketua ormas tampak secara bergantian membubuhkan tanda tangan komitmennya dalam mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, melaksanakan Pemilu yang aman dan tertib serta melaksanakan tahapan Pemilu berdasarkan peraturan perudang-undangan yang berlaku.

Seluruh peserta juga berkomitmen untuk tidak melakukan tindakan kekerasan atau intimidasi selama proses pemilu berlangsung. Ada 17 partai dari 18 partai peserta Pemilu akan ikut berkompetisi di Kabupaten Lima Puluh Kota, diantaranya partai Golkar, PKB, PKS, PDIP, Gerindra, Nasdem, Buruh, Gelora, Hanura, PAN, Garuda, PBB, Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan UMMAT.

“Kondusifitas di Lima Puluh Kota melalui deklarasi ini harus kita sambut baik dan dukung bersama dan bukan hanya sebagai wacana atau slogan belaka, tetapi harus benar-benar diwujudkan dalam bentuk komitmen nyata,” ungkap Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo kepada awak media.

Lebih lanjut Ia mengatakan, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat pada tahun politik cenderung memanas, kondisi tersebut tidak hanya tanggung jawab Kepolisian, bersama TNI dan pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama termasuk tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, ormas dan 459 calon sementara peserta Pemilu beserta pendukungnya dan partai politik.

“Dengan adanya deklarasi Pemilu damai hendaknya Pemilu di Lima Puluh Kota dapat terselenggara secara damai dan optimal, kami menghimbau peserta Pemilu agar bisa menunjukkan sportifitas dan yang paling utama adalah santun berkampanye dalam mencari simpati masyarakat, agar masyarakat bisa meningkatkan partisipasi untuk mengikuti Pemilu,” tambahnya.

Selain itu, Bupati menghimbau ASN, Kepolisian, dan TNI untuk menjaga netralitas dan meminta masyarakat untuk memiliki integritas karena seorang pemilih memiliki hak konstitusional yang digunakan dengan penuh tanggung jawab.

Sebelumnya, Kapolres Lima Puluh Kota, AKBP Ricardo Conrat Yusuf dalam amanatnya menyampaikan dalam rangka antisipasi kerawanan jelang tahapan inti Pemilu 2024 dan menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Lima Puluh Kota, maka perlu dilaksanakan deklarasi Pemilu damai bersama unsur Forkopimda, Parpol, Ormas, dan Relawan.

“Kami berharap melalui deklarasi ini, para stakeholder berkomitmen menunjukkan kedewasaan berpolitik maupun berdemokrasi. Deklarasi ini hendaknya dilandasi dengan niat bersungguh-sungguh agar dapat meminimalisir pelanggaran saat kampanye berlangsung,” lugas Kapolres Lima Puluh Kota. (crp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *