Kunjungan Lawatan Sekolah Kebangsaan Malaysia Ke SD Negeri 01 Sarilamak

Limapuluh Kota, Presindo — UPTD SD Negeri 01 Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota mendapat kunjungan dari Sekolah Kebangsaan Terbau Bakar Batu, Johor, Malaysia pada Sabtu (11/11/2023). pagi

Kunjungan rombongan dari negeri Jiran itu dalam rangka program Lawatan Silang Budaya Malaysia dan Indonesia. Kedatangan Rombongan, disambut dengan beberapa tarian dari berbagai daerah yang dibawakan para siswa UPTD SD 01 Sarilamak.

“Selamat datang kepada rombongan sekolah kebangsaan Johor Baru Malaysia, semoga silahturahmi dan komunikasi yang baik ini dapat terus kita jaga,” ucap kepala UPTD SD Negeri 01 Sarilamak, Fitria S.pd.

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk memperkenalkan budaya indonesia kepada anak anak sekolah di malaysia, begitu juga sebaliknya. Menurutnya, ada beberapa budaya yang ditampilkan diantaranya budaya minangkabau, Jawa dan Tapanuli Sumatera Utara.

“Karena memang anak-anak sekolah kita ini multi etnis, alhamdulilah tadi beberapa budaya kesenian telah kita tampilkan,” katanya.

Senada, juga diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Limapuluh Kota melalui kepala Bidang Kebudayaan, Yusuf Lubis, ia menyebutkan kedatangan rombongan dari sekolah kebangsaan Malaysia ini merupakan sejarah bagi Limapuluh Kota.

Menurutnya, melalui ini pihaknya bisa bertukar program di bidang pendidikan maupun budaya. Bagaimanapun juga Indonesia dan Malaysia merupakan negara yang serumpun.

Dikatakan, kegiatan ini sebagai bentuk menjaga kelestarian kearifan lokal yang ada. Ia juga berharap nantinya kunjungan ini dapat dibalas, sehingga sekolah di Limapuluh Kota juga dapat berkunjung ke sekolah-sekolah yang ada di malaysia dan mengenalkan beberapa budaya-budayanya.

“Kita bangga, dengan kedatangan rombongan disini, anak-anak kita bisa melihat berbagai macam budaya Malaysia,” pungkasnya.

Sementara itu, Guru Besar Sekolah Kebangsaan Tabrau Bakar Batu Malaysia, Norlia Binti Muhammad Ramli mengaku kagum dan bangga atas sambutan SD 01. Ia tidak menyangka semua murid memiliki kebolehan.

“Kami sangat terharu atas kebolehan murid murid SD 01, ini lah yang memang kami tuju, bagaimana menunjukkan rasa senang bersekolah dan belajar kepada murid-murid,” pungkasnya. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *