Safni Sikumbang Nyatakan Siap Maju Bupati Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, Presindo – Ada pepatah masyarakat Minangkabau berbunyi: “Karatau madang di hulu, babuah babungo balun, ka rantau bujang dahulu di rumah paguno balun”. Artinya,jika di kampung belum bisa berbuat apa-apa untuk orang banyak, laki-laki Minang sebaiknya pergilah merantau.

Ternyata, pribahasa masyarakat Minang itu dipegang teguh oleh Safni Sikumbang. Setelah tamat SMP, putra terbaik Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota ini, pergi merantau ke negeri jiran Malaysia, hingga akhirnya kini menetap di Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, dikenal sebagai pengusaha sukses dibidang perkebunan sawit, pengusaha peternakan sapi dan peternakan ayam, serta pemilik mini market, travel umum dan Haji RWH dan pemilik pasar rakyat di Kandis, Kabupaten Siak.

Lama mengadu nasib di negeri orang dan secara ekonomi Safni Sikumbang sudah boleh disebut sangat berhasil, kini suami tercinta Asra Yanti dan ayah dari empat putra-putrinya Nova Silvia, Azzarah Fahlevi, Aura Khairunnisa dan Muhammad Fauzil Ahdim ini, diminta masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota agar pulang ke kampung halamannya untuk ‘mengabdi’ sebagai calon Bupati Kabupaten Limapuluh Kota yang bakal digelar 2024 ini.

Meskipun desakan dari masyarakat agar Safni Sikumbang bersedia terjun ke panggung politik Pilkada 2024 maju sebagai calon Bupati, namun pria yang dikenal sebagai pribadi yang sangat rendah hati dan memiliki jiwa penyantun, utamanya bagi perantau yang ada di Kandis, Kabupaten Siak, Riau itu, tidak serta merta menyetujui keinginan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota agar dia terjun ke panggung politik pemilihan Bupati 2024.

“ Kita lihat saja dulu kondisi yang berkembang termasuk seberapa besar keinginan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota berkeinginan dan menyetujui saya maju sebagai bakal calon Bupati 2024,” ungkap Safni Sikumbang ketika diwawancarai disela-sela kegiatan acara pengukuhan Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Team 100 Anies di Kecamatan Situjuah Limo Nagari (Simona) Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (11/1/2023).

Namun ketika ditanya apakah dia siap maju sebagai calon Bupati pada Pilkada 2024, Safni Sikumbang menyatakan jika masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota berkeinginan dia maju sebagai calon Bupati, Safni Sikumbang mengaku siap maju sebagai calon Bupati Kabupaten Limapuluh Kota pada Pilkada 2024 mendatang.

“ Kalau masyarakat dan kawan-kawan serta relawan berkeinginan saya maju sebagai calon Bupati, Insyaallah saya siap. Disisa-sisa umur yang sudah 50 tahun ini saya akan ikrarkan diri untuk membangun kampung halaman Kabupaten Limapuluh Kota. Mudah-mudahkan daerah ini lebih baik ke depannya,” ungkap Safni Sikumbang.

Ketika ditanya apakah sejauh ini dia sudah melakukan lobi-lobi politik dengan pengurus partai politik yang nantinya sebagai partai pengusung jika nanti jadi maju sebagai bakal calon Bupati, Safni Sikumbang mengaku bahwa baik dengan empat partai aliansi pengusung pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar serta pengurus partai lainnya dia selalu menjalin komunikasi yang baik.

Ketika ditanya lebih jauh apakah benar sudah ada mantan birokrat yang mendekati untuk digandeng sebagai bakal calon wakil Bupati, Safni Sikumbang mengucapkan terima kasih karena ada beberapa tokoh yang ingin membantu dan berkolaborasi dengan dirinya untuk menuju 2024.

“ Sebenarnya saya ini tidak bukanlah siapa-siapa dan hanya diberi amanah dan dorongan oleh kawan-kawan untuk bersedia maju sebagai bakal calon Bupati. Harapan kita, jika keinginan masyarakat
Kabupaten Limapuluh Kota ini dapat diwujudkan bersama para ulama, ninik mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat serta pemuda, kita akan bangun Kabupaten Limapuluh Kota ke arah yang lebih baik, baik itu kemajuan ekonomi masyarakat dan pembangunan daerahnya.” pungkas Safni Sikumbang.

Safni Sikumbang berpendapat, tidak akan berhasil seorang Kepala Daerah, jika tidak merangkul para ulama, ninik mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat dan pemuda. Intinya, jika daerah Kabupaten Limapuluh Kota ini ingin maju, maka lima pilar itu harus dirangkul untuk membangun daerah ini.

Sementara itu Ketua Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Team 100 Anies Kabupaten Limapuluh Kota, drh. Syahrizal ketika diminta komentarnya tentang sosok Safni Sikumbang yang digadang-gadang sebagai calon kuat Bupati Kabupaten Limapiluh Kota 2024, mengaku salut dengan sosok Safni Sikumbang karena sifatnya yang rendah hati dan peduli dengan masyarakat dan daerah.

“ Keinginan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota agar Safni Sikumbang maju sebagai bakal calon Bupati memang sangat tinggi. Namun demikian, perlu dilakukan survei apakah elektabilitas Safni Sikumbang sebagai calon Bupati cukup baik jika diusung sebagai calon Bupati. Dewasa ini, respon masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota terhadap Safni Sikumbang cukup bagus, dan terbukti hasil survei yang dilakukan internal tingkat populeritas Safni Sikumbang sudah di atas angka 50 persen dan angka itu akan terus naik terus dan berproses sampai tahap Pilkada 2024 digelar ,” ungkap drh. Syahrizal.

Tapi yang pasti, ulas drh. Syahrizal, hadir pada acara pengukuhan Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Team 100 Anies Kecamatan Situjuah Limo Nagari, kehadiran Safni Sikumbang mendapat respon positif dari masyarakat Situjuah Limo Nagari.

“ Masyarakat berharap, terpilih Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden, dan terpilih Safni Sikumbang sebagai Bupati Kabupaten Limapuluh Kota. Insyaaalah.” pungkas drh. Syahrizal. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *