TNI AD Hadir Memberikan Solusi, 40 KK Warga Kelurahan Padang Karambia Nikmati Air Bersih

Payakumbuh, Presindo — Program Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Manunggal Air merupakan wujud nyata kehadiran TNI AD di tengah masyarakat sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan air yang bersih.

Seperti pekerjaan yang baru saja diselesaikan TNI AD dalam hal ini melalui Kodim 0306/50 Kota yang hadir memenuhi kebutuhan air bersih, yakni pembuatan Sumur Bor di Kelurahan Padang Karambia Kecamatan Payakumbuh Selatan kota Payakumbuh.

Seperti yang disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha dalam keterangannya tertulisnya mengatakan, TNI AD Manunggal Air ini merupakan program dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc, dengan tujuan untuk membantu kebutuhan dasar masyarakat berupa fasilitas air bersih.

Program ini merupakan kebijakan dari Bapak KSAD kepada seluruh prajurit TNI AD dimanapun bertugas untuk membantu masyarakat yang masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Dengan harapan ke depan tidak ada lagi masyarakat yang masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam kehidupan sehari-hari, tutur Dandim.

Seperti yang kita ketahui, masyarakat dilokasi pembuatan Sumur Bor Program Manunggal TNI AD di Kelurahan Padang karambia ini sudah belasan tahun kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air rumah tangga mereka.

Selama itu mereka memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan harian mereka dengan cara air hujan tersebut ditampung pada bak bak penampungan untuk keperluan MCK mereka. Sedangkan untuk air minum mereka menggunakan air bersih yg lokasinya di TPA pembuangan sampah yang jaraknya lumayan jauh dari rumah mereka, ucap Dandim.

Harapannya, dengan air bersih ini dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kelurahan Padang Karabia. Dandim juga berharap kedepan masyarakat dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya dan menjaga agar Program TNI AD Manunggal air ini dapat terjaga hingga di masa yang akan datang, pungkas Dandim.

Sementara itu salah satu warga lokasi pembuatan Sumur Bor mengaku senang dengan program TNI AD Manunggal Air ini, lantaran memberikan dampak positif yakni masyarakat di Kelurahan Padang Karambia yang selama ini kesulitan air bersih sudah bisa menikmatinya untuk kebutuhan minum dan MCK (mandi cuci kakus).

Sebelumnya kami memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan air harian kami, sedangkan untuk kebutuhan memasak kami harus mengambilnya ke daerah lain yang lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal kami. Namun sekarang air sudah ada disini, terima kasih bapak KASAD, bapak Dandim dan bapak bapak TNI lainnya yang sudah peduli dengan kami, tutupnya. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *