Pemilu 2024 Berlangsung Damai, KPU Apresiasi Totalitas Pemkab Lima Puluh Kota

Limapuluh Kota, presindo.com —  Proses pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) hingga rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten pada pemilihan umum (Pemilu) Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten telah dilaksanakan pada Sabtu, (2/03/2024) lalu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lima Puluh Kota Okto Rizaldi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota atas dukungan penuhnya untuk mensukseskan Pemilu 2024. Tidak hanya itu, Okto juga memberikan apresiasi atas sinergitas yang terjalin dengan Polres Lima Puluh Kota, Kodim 0306/50 Kota, Polres Payakumbuh dan Kejaksaan Negeri Payakumbuh atas suksesnya penyelenggaraan Pemilu.

“Dukungan Pemda dan Forkopimda sungguh luar biasa pada pagelaran Pemilu kali ini, berbeda dari sebelumnya, Pemilu yang diselenggarakan Februari lalu benar-benar mendapat support penuh dari Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan jajaran. Hal ini dibuktikan dengan hampir 70 % tempat pemungutan suara menggunakan fasilitas pemerintahan serta rekapitulasi tingkat kecamatan diikuti camat sampai malam bersama PPK dan saksi,” ucap Okto Rizaldi saat memberikan sambutan pada acara Rapat Koordinasi dan silahturahmi lintas sektoral pasca pelaksanaan Pemilu seretak 2024 yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati, Sarilamak, Kamis, (7/03/2024).

Silahturahmi tersebut dihadiri Bupati Safaruddin, Kapolres Lima Puluh Kota Ricardo Conrat Yusuf, Pj Sekda Herman Azmar bersama unsur Forkopimda, Ketua KPU Okto Rizaldi, Ketua Bawaslu Yoriza Asra, Ketua Parpol di Lima Puluh Kota dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Bupati Safaruddin dalam sambutannya mengucap syukur atas suksesnya peneyelenggaraan Pemilu di Lima Puluh Kota meski terjadi pelaksanaan pemungutan suara ulang di 2 TPS yang berada di Nagari Kubang dan Mungka.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkomitmen untuk mendukung dan menjaga tahapan Pemilu 2024. Semoga di Pilkada 2024 dapat dilanjutkan dengan lebih baik dan demokratis,” ucapnya.

Namun, Bupati menyayangkan atas penurunan angka partisipasi masyarakat Lima Puluh Kota terhadap penyelenggaraan Pemilu. Ia mengatakan, pada Pemilu sebelumnya, angka partisipasi masyarakat Lima Puluh Kota mencapai 80,85%, sedangkan pada penyelenggaraan tahun ini ada di angka 76,14%.

“Ini jadi cambuk kita semua untuk lebih bekerja lebih keras lagi agar partisipasi masyarakat kembali meningkat. Kita harus saling menguatkan koordinasi dan kerja sama agar Pilkada mendatang lebih sukses,” pungkas Bupati Safaruddin. (crp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *